1 Cara Paling Jitu Mematikan Auto Update Windows 10 (100% Work)

NendaTech.info – Cara Mematikan Auto Update Windows 10, Jujur saja saya baru tahun ini memakai windows 10. Alhamdulillah dapat rejeki sehingga bisa membeli laptop baru dengan os windows 10 Pro.

Saya sangat senang sekali waktu itu, karena laptop tersebut sudah langsung ada windowsnya. Dengan kata lain OS windows 10 tersebut sudah sepaket dengan pembelian laptop dan tentu saja pasti original.

Yup berbeda dengan laptop yang non OS, kamu harus membelinya dulu di microsoft store agar laptop kamu dapat beroperasi. Atau juga bisa ke jasa penginstallan windows di toko komputer terdekat, paling biayanya 50ribu. Namun tidak saya rekomendasikan karena itu termasuk pembajakan. Kekurangan lainnya adalah susah untuk update windows kedepannya karena kita tidak punya licensenya.

Pada saat membuka laptop pertama kali tanpa koneksi sih lancar jaya, tampilan juga keren. Tapi masalah ini datang setelah saya koneksikan dengan MiFi saya.

Ya jadi pada saat terkoneksi ke internet, langsung muncul notif windows need update. Karena saya baru pertama kali pake saya santai saja, ah paling cuma berapa mb. Jadi saya biarin dan terus berjalan updatenya.

Posisi sekarang saya memakai MiFi yang didalamnya memakai paketan data kartu telkomsel. Proses update sangat lama, dan jelas sangat menggangu proses browsing saya.

Internet saya menjadi lemot, saya mengiranya mungkin karena dipake download update windows. Tetapi setelah update selesai tetap saja lemot dibuat internetan. Padahal saya coba ke laptop satunya yang memakai windows 7 lancar banget dengan koneksi yang sama.

Benar saja ternyata bukan itu masalahnya. Melainkan di OS Windows 10 terdapat fitur Windwos Auto-Tuning yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja suatu program yang menerima data TCP melalui jaringan. Biasanya fitur ini secara default akan langsung enable atau aktif.

Setelah mematikan fitur tersebut dengan tutorial Cara Mengatasi Internet Lemot di Windows 10 yang sudah saya bahas sebelumnya. Alhamdulillah internet kembali seperti semula alias lancar.

Sebenarnya masalahnya bukan cuma itu, melainkan tiba-tiba kuota saya langsung ada notif habis. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas saya pake MiFi dengan kuota data. Dan kejadian ini sangat mengagetkan saya, mungkin berbeda dengan kalian yang sudah pake indihome atau wifi cafe, wifi tetangga, bisa skip masalah ini.

cara mematikan auto update windows 10

Data Usage System Update || cara mematikan auto update windows 10

Note : Windows update memang penting. Tetapi jika kita pakai kuota data, saya sarankan untuk mematikan fitur ini. Karena pasti kuota kamu akan tersedot abis. Nanti jika sudah terhubung dengan wifi cafe misalnya, kamu bisa enable lagi fitur auto update.

Kali ini NendaTech akan memberikan tips untuk cara mematikan auto update windows 10. Kita akan mencoba disable windows 10 auto update dengan cara yang agak memaksa tapi so far aman kok.

Cara Disable Auto Update Windows 10 Berhasil 100% (cara mematikan auto update windows 10)

  1. Masuk ke Control Panel. Agar lebih cepat langsung search aja seperti gambar dibawah ini.

    step mematikan auto update windows 10

    Masuk Control Panel

  2. Pilih System dan Security >>> klik  Administrative Tools.

    tips mematikan auto update windows 10

    System and Security – Administrative Tools

  3. Klik Services.

    mematikan fitur auto update windows 10

    Klik Services

  4. Nah setelah klik services. Cari Windows Update.
  5. Klik 2x Windows Update. Lalu ganti Startup Type menjadi Disable.

    disable auto update windows 10

    Disable Windows Update

  6. Selesai. Maka windows auto update di laptop kamu sudah disable.

Setelah melakukan setting seperti diatas saya pastikan notif windows auto update sudah tidak akan muncul lagi. Windows update sangat penting, jadi jika kamu berada di koneksi internet yang unlimited seperti wifi, saya rekomendasikan untuk update dulu.

Okey itulah sedikit tips dari NendaTech Cara Mematikan Auto Update Windows 10 terbaru. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share ke teman. Terima kasih sudah berkunjung. Selamat Mencoba.