Cara Menambah RAM Android Tanpa Root & Cara Merawat Kartu Memori Eksternal

Cara Menambah RAM Android
4 Cara Menambah RAM di Android Tanpa Perlu Root

NendaTech – Tips Cara Menambah RAM Android Tanpa Root. Smartphone dengan sistem operasi Android telah dianggap sebagai suatu perangkat multifungsi, hal tersebut memang benar adanya karena smartphone Android telah bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai hal yang beragam. Selain digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel pintar berbasis Android juga bisa digunakan untuk mencari informasi di internet, mendengarkan musik, bermain game, melakukan transaksi bisnis, menonton film, dan berbagai macam fungsi lainnya yang begitu beragam.

Cara Menambah RAM  Android
4 Cara Menambah RAM Android Tanpa Perlu Root

Untuk bisa melakukan berbagai macam fungsinya tersebut, tentu saja smartphone Android harus dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni seperti misalnya RAM berkapasitas besar. RAM sendiri merupakan salah satu komponen keras yang perannya sangat penting dalam sebuah smartphone. Perlu Anda ketahui bahwa semakin besar kapasitas RAM pada suatu smartphone, maka akan semakin cepat pula kinerjanya. Apabila Anda memiliki smartphone dengan RAM yang berkapasitas kecil, berikut ini akan kami ulas 4 cara menambah RAM di Android tanpa perlu root.

4 Cara Menambah RAM Android Tanpa Perlu Root

  1. Menggunakan Swapper

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menambah RAM di smartphone Android adalah menggunakan aplikasi Swapper yang bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store. Setelah membuka aplikasi Swapper, maka Anda bisa mengaktifkan menu pada Active Swap on Boot, kemudian pilih SD Card FAT Partition. Pada menu Swap File Size, Anda bisa menentukan berapa kapasitas atau jumlah dari memori virtual yang ingin Anda tambahkan.

  1. Menggunakan RAM Control Extreme Pro

Selain menggunakan Swapper, Anda juga bisa menggunakan aplikasi RAM Control Extreme Pro, aplikasi yang satu ini telah bisa Anda gunakan pada smartphone Android yang belum diroot. Setelah menjalankan aplikasi RAM Control Extreme Pro, Anda bisa masuk ke menu RAM Booster, kemudian pilih Boost RAM untuk menaikkan kapasitas RAM. Selain itu Anda juga bisa memilih menu Start pada menu Auto RAM Booster untuk meningkatkan kapasitas RAM secara otomatis.

  1. Menggunakan <2 GB RAM Booster

Anda juga bisa menggunakan aplikasi <2 GB RAM Booster untuk meningkatkan kapasitas RAM di smartphone Android tanpa perlu root, aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store. Aplikasi yang satu ini memang ditujukan bagi Anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM kurang dari 2 GB, aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Anda hanya tinggal memilih menu Boost untuk meningkatkan kapasitas RAM.

  1. Menggunakan Smart Booster

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas RAM pada smartphone Android adalah menggunakan aplikasi Smart Booster, aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis dan bisa digunakan tanpa perlu melakukan root. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Smart Booster sebenarnya berfungsi untuk mengatur aplikasi yang tidak terlalu penting untuk memperlancar kinerja dari sistem Android di smartphone.

Jika Anda ingin menambah kapasitas RAM di smartphone Android, maka tak ada salahnya apabila Anda menerapkan keempat cara di atas.

Cara Merawat Kartu Memori Eksternal

Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan sebuah perangkat mungil bernama smartphone, pasalnya ponsel pintar atau smartphone berbasis Android sangatlah populer. Perangkat yang satu ini seakan tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, hal ini dikarenakan smartphone bersistem operasi Android sangatlah membantu aktivitas sehari-hari. Smartphone sendiri adalah sebuah perangkat serba bisa yang telah mampu untuk menjalankan berbagai fungsi yang beragam.

Cara Merawat Kartu Memori Eksternal
5 Cara Merawat Kartu Memori Eksternal Agar Tetap Awet

Karena fungsinya yang sangat beragam itulah maka ponsel pintar membutuhkan ruang penyimpanan yang luas agar para penggunanya bisa menyimpan berbagai macam file, data, dan aplikasi yang dibutuhkannya. Bagi Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang luas, maka Anda bisa menggunakan kartu memori eksternal untuk memperluas ruang penyimpanan di smartphone. Namun kartu memori eksternal juga harus Anda rawat dengan baik agar tetap awet dan tidak cepat rusak, jika Anda penasaran maka simaklah ulasannya berikut ini.

5 Cara Merawat Kartu Memori Eksternal Agar Tetap Awet

Advertisement
  1. Lakukan Unmount Sebelum Melepaskan Memori Eksternal

Jika Anda ingin merawat kartu memori eksternal, maka sebaiknya Anda melakukan unmount terlebih dahulu sebelum melepaskan kartu memori dari smartphone. Meskipun melepas kartu memori eksternal secara paksa tidak akan serta merta merusak kartu memori, namun jika dilakukan terus menerus akan bisa mengakibatkan berbagai macam masalah sepeti misalnya memori tidak terbaca.

  1. Jangan Disimpan di Tempat Lembap

Hal kedua yang harus Anda lakukan untuk merawat kartu memori eksternal agar awet adalah jangan menyimpannya di tempat yang lembap seperti misalnya di dompet kulit. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena perlu Anda ketahui bahwa menyimpan kartu memori eksternal di tempat yang lembap akan bisa membuat kartu memori menjadi berjamur dan juga meningkatkan resiko karat di bagian logamnya.

  1. Update OS

Untuk merawat kartu memori eksternal, Anda sebaiknya melakukan update OS atau sistem operasi, hal ini dikarenakan sistem operasi versi sebelumnya pada umumnya masih memiliki bug yang mengakibatkan berbagai masalah pada smartphone. Dengan melakukan update atau pembaruan sistem operasi, maka biasanya akan mendapatkan peningkatan fungsi yang juga akan mempengaruhi memori eksternal.

  1. Lakukan Format di Smartphone

Jika Anda ingin memformat kartu memori eksternal, maka sebaiknya Anda melakukannya di smartphone. Perlu Anda ketahui bahwa format kartu memori akan menghapus dan juga sekaligus mengatur ulang tata ruang penyimpana yang mana proses pengaturan ini bisa saja berbeda jika Anda melakukannya di komputer sehingga akan lebih baik jika Anda melakukan format di smartphone.

  1. Jangan Gunakan Card Reader Murahan

Masih banyak sekali orang yang menggunakan card reader murahan untuk menghubungkan kartu memori eksternal dengan komputer. Padahal perlu Anda ketahui bahwa card reader murahan pada umumnya memiliki kualitas yang buruk dan akan menimbulkan panas yang berlebih pada saat digunakan, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kabel data untuk memindahkan file ke komputer.

Kartu memori eksternal haruslah dirawat agar tidak mudah rusak, Anda bisa melakukannya dengan menerapkan beberapa cara di atas.

Demikian 2 tips sekaligus cara menambah ram android dan cara merawat kartu memori eksternal semoga bisa membantu.