Tips Merawat Touchscreen Android Agar Awet

Tips Merawat Touchscreen Android Agar AwetKomponen layar sentuh merupakan salah satu bagian penting yang wajib dirawat. Pasalnya kerusakan yang terjadi pada touchscreen memerlukan biaya besar untuk memperbaikinya. Selain pecah karena tidak sengaja terjatuh atau terinjak, kualitas layar juga lebih sensitif mengalami kerusakan karena kurang pandainya kita dalam merawat bagian tersebut. Di bagian layar smartphone terdapat banyak panel serta gel yang sangat sensitif terhadap tekanan, sentuhan serta medan magnet. Maka sebab kerusakan layar smartphone pun sangat banyak jenisnya.

Maka dari itu agar tidak mendapatkan kondisi layar yang cepat rusak, anda mesti tahu bagaimana cara merawat layar sentuh secara tepat. Merawat layar sentuh ini bisa dengan beberapa cara. Salah satunya dengan tidak menggunakan ponsel dekat dengan medan magnet karena akan membuat panel layar berkurang sensitivitasnya. Selain itu, penggunaan ponsel di area yang terkena sinar matahari juga akan menyebabkan kondisi layar mudah rusak. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips merawat touchscreen android.

Tips Merawat Touchscreen Android

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Kontak layar langsung dengan sinar matahari akan mengakibatkan menurunnya kualitas LCD. Di bagian layar terdapat sebuah gel yang akan menurun kualitasnya jika kerap terpapar matahari. Akibatnya sensitivitas layar pun akan berkurang jika kerap terpapar sinar matahari. Gunakan pelindung seperti cashing serta upayakan untuk menggunakan smartphone di area yang teduh.

2. Matikan Layar Jika Tidak Digunakan

Jika tidak digunakan, ada baiknya untuk menonaktifkan bagian layar ponsel. Hal ini bertujuan agar intensitas komponen emisi cahaya terjaga di bagian layar. Selain itu, kualitas warna yang dimiliki ponsel anda juga akan tetap terjaga dengan tidak membuatnya menyala terus-terusan dalam waktu lama. Sebagaimana komponen lain, bagian layar juga memerlukan waktu untuk istirahat.

3. Jangan Menekan Terlalu Keras

Menekan layar terlalu keras hanya akan membuat panel layar berkurang sensitivitasnya. Pada akhirnya bagian LCD nya akan mengalami kerusakan dan memerlukan biaya besar untuk memperbaikinya. Biasanya menekan layar terlalu keras kerap dilakukan ketika sedang bermain game. Melapisi bagian layar dengan pelindung adalah hal efektif untuk mencegah kerusakan tersebut.

4. Bersihkan Layar Secara Teratur

Area touchscreen merupakan komponen yang sensitiv terutama terhadap debu. Kotoran dan debu tersebut jika kerap menumpuk akan mengakibatkan bagian panel tertutup debu sehingga berkurang sensitivitasnya serta mudah rusak. Bersihkan layar secara rutin menggunakan kain lembut. Anda juga bisa membersihkan bagian layar dengan kain untuk membersihkan lensa kaca mata agar permukaan kain tidak menggores area touchscreen tersebut.

5. Jauhkan dari Medan Magnet

Menggunakan smartphone terlalu dekat dengan medan magnet akan membuat bagian panel mengalami error karena gaya tarikan yang dihadirkannya. Jika sering menghubungkan layar dengan medan magnet, maka bagian LCD akan rusak dan memerlukan biaya besar untuk memperbaikinya. Upayakan tidak mendekatkan ponsel dengan medan magnet atau dar berbagai barang elektronik.

Itu dia beberapa tips untuk merawat layar sentuh android yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.